Home Direktori Layanan

Rincian Perhitungan Nilai

 Rincian Perhitungan Nilai Layanan ini diberikan kepada Wajib Pajak yang mengajukan permohonan Penerbitan Rincian Perhitungan Nilai (RPN) Objek Pajak PBB Sektor Perkebunan, Perhutanan, dan Pertambangan. RPN adalah informasi rinci perhitungan nilai tanah dan nilai bangunan yang merupakan hasil keluaran dari aplikasi PBB.
Prosedur Wajib Pajak mengajukan permintaan informasi RPN ke KPP. Persyaratan dan Dokumen Surat permohonan pencetakan RPN.
Jangka Waktu Penyelesaian Paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak surat permohonan Wajib Pajak diterima.
Peraturan Terkait a. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 139/PMK.03/2014 tentang Klasifikasi dan Penetapan Nilai Jual Objek Pajak sebagai Dasar Pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan; b. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-42/PJ/2015 Tata Cara tentang Pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perhutanan; c. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-32/PJ/2012 tentang Tata Cara Pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pertambangan untuk Pertambangan Mineral dan Batubara; d. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-45/PJ/2013 tentang Tata Cara Pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pertambangan untuk Pertambangan Minyak Bumi, Gas Bumi, dan Panas Bumi; e. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-27/PJ/2014 tentang Tata Cara Penetapan Nilai Jual Objek Pajak sebagai Dasar Pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan; f. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-31/PJ/2014 tentang Tata Cara Pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perkebunan.