Home Direktori Layanan

Pemberian Rehabilitasi Nama Baik Penanggung Pajak yang Disandera

 Pemberian Rehabilitasi Nama Baik Penanggung Pajak yang Disandera Layanan yang diberikan Penanggung Pajak yang permohonan rehabilitasi nama baik dalam hal gugatan Penanggung Pajak dikabulkan oleh pengadilan dan putusan pengadilan tersebut telah memperoleh kekuatan hukum tetap. Penanggung Pajak yang disandera dapat mengajukan gugatan terhadap pelaksanaan penyanderaan hanya kepada Pengadilan Negeri dan tidak dapat dialukan setelah masa penyanderaan berakhir.
Prosedur Penangung Pajak mengajukan permohonan rehabilitasi nama baik ke KPP.
Persyaratan dan Dokumen a.  Putusan Pengadilan; b. Surat Perintah Penyanderaan; c. Surat Pemberitahuan Pelepasan Penanggung Pajak yang disandera.
Jangka Waktu Paling lama 7 (tujuh) hari kerja.
Peraturan Terkait a. Peraturan Pemerintah Nomor 137 Tahun 2000 tentang Tempat dan Tata Cara Penyanderaan, Rehabilitasi Nama Baik Penanggung Pajak dan Pemberian Ganti Rugi Dalam Rangka Penagihan Pajak; b. Keputusan Bersama Menteri Keuangan dan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Nomor M-02.UM.09.01 Tahun 2003 dan Nomor 294/KMK.03/2003 tentang Tata Cara Penitipan Penanggung Pajak yang Disandera di Rumah Tahanan Negara dalam Rangka Penagihan Pajak dengan Surat Paksa; c. Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-218/PJ/2003 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyanderaan dan Pemberian Rehabilitasi Nama Baik Penanggung Pajak yang Disandera s.t.d.d. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-03/PJ/2018.