Home Direktori Layanan

Pengembalian PPN bagi Turis Asing (VAT Refund for Tourists)

Pengembalian PPN bagi Turis Asing (VAT Refund for Tourists) Layanan ini diberikan kepada Turis Asing yang melakukan pembelian barang yang akan dibawa keluar daerah pabean, barang bawaan tersebut dibeli pada toko retail yang telah ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak sebagai Pengusaha Kena Pajak yang berpartisipasi dalam skema Pengembalian PPN kepada Orang Pribadi Pemegang Paspor Luar Negeri.
Prosedur Orang Pribadi Pemegang Paspor Luar Negeri mengajukan langsung saat akan meninggalkan Indonesia melalui Unit Penyelenggara Restitusi PPN (UPRPPN) yang ada di bandar udara: a. Bandara Soekarno-Hatta; b. Bandara Ngurah Rai; c. Bandara Kualanamu; d. Bandara Adisucipto; atau e. Bandara Juanda.
Persyaratan dan Dokumen a. permintaan pengembalian PPN (PPN) atas pembelian Barang Bawaan bukan berupa: 1) makanan, minuman, produk tembakau, 2) senjata api dan  bahan peledak, 3) barang yang dilarang dibawa ke dalam pesawat b. barang bawaan yang dibeli di Toko Retail yang menerbitkan Faktur Pajak Khusus untuk Orang Pribadi Pemegang Paspor Luar Negeri; c. jumlah PPN yang dapat dikembalikan paling sedikit Rp500.000 sampai dengan Rp5.000.000 (yang dapat dikembalikan secara tunai dengan mata uang rupiah), jika melebihi maka dikembalikan dengan cara ditransfer ke rekening pribadi Pemegang Paspor Luar Negeri bersangkutan; d. barang bawaan yang dibawa keluar daerah pabean dengan menggunakan moda trasportasi berupa pesawat udara; e. hanya dapat diajukan oleh Orang Pribadi yang berkenaan; f. hanya dapat diajukan pada saat orang Pribadi tersebut meninggalkan Indonesia melalui bandar udara yang telah ditetapkan oleh Menteri Keuangan, dengan membawa: 1) surat permohonan; 2) Faktur Pajak Khusus asli lembar kesatu dan lembar kedua; 3) menunjukkan paspor, tiket atau pas naik (boarding pass) dan barang bawaan.
Jangka Waktu Penyelesaian Paling lama 1 (satu) bulan sejak diterimanya permohonan secara lengkap.
Peraturan Terkait a. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 76/PMK.03/2010 tentang Tata Cara Pengajuan dan Penyelesaian Permintaan Kembali Pajak Pertambahan Nilai Barang Bawaan Orang Pribadi Pemegang Paspor Luar Negeri s.t.d.t.d Peraturan Menteri Keuangan Nomor 100/PMK.03/2013; b. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-28/PJ/2013 tentang Tata Cara Pendaftaran dan Kewajiban Pengusaha Kena Pajak Toko Retail serta Pengelolaan Administrasi Pengembalian Pajak Pertambahan Nilai Kepada Orang Pribadi Pemegang Paspor Luar Negeri.